Sabtu, 13 Oktober 2018

SIM (Sistem Informasi Manajemen)


      Konsep sistem manajemen 

Jenis-Jenis Utama Sumber Daya
 Manajer mengelola lima jenis utama sumber daya :
          Manusia
          Material
          Mesin (termasuk fasilitas dan energi)
          Uang
          Informasi
Tugas manajer adalah mengelola sumber daya ini agar dapat digunakan dengan cara yang paling efektif.
Manajemen Sumber Daya
Sumber daya diperoleh dan disusun agar siap digunakan saat diperlukan.
Sangat sering proses penyusunan membutuhkan pengubahan suatu bahan mentah menjadi suatu bentuk yang lebih halus, seperti pelatihan pegawai atau konstruksi suatu bagian mesin yang khusus.  Manajer berusaha untuk memaksimalkan penggunaannya.  Manajer ini akhirnya mengganti sumber daya pada saat kritis sebelum sumber daya tersebut menjadi tidak efisien atau usang.

             Manajer memastikan bahwa data mentah yang diperlukan terkumpul kemudian diproses menjadi informasi yang berguna, kemudian memastikan bahwa orang yang layak dalam organisasi menerima informasi tersebut dalam bentuk yang tepat sehingga informasi tersebut dapat dimanfaatkan.  Akhirnya manajer membuang informasi yang tidak berguna lagi dan menggatikannya dengan informasi yang mutakhir dan akurat.  Seluruh aktivitas ini memperoleh informasi, menggunakannya seefektif mungkin, dan membuangnya pada saat yang tepat, disebut Manajemen Informasi.
       Berikut ini point-point yang mempengaruhi para manajer memberikan perhatian yang semakin besar pada manajemen informasi pada tahun-tahun terakhir ini karena dua alas an utama.  Pertama, kegiatan bisnis telah menjadi semakin kompleks.  Kedua, komputer telah mencapai kemampuan yang semakin baik.
          Kompleksitas Kegiatan Bisnis yang Meningkat
          Pengaruh Ekonomi Internasional
          Persaingan Dunia
          Kompleksitas Teknologi yang Meningkat
          Batas Waktu yang Singkat
          Kendala-Kendala Sosial
          Kemampuan Komputer yang Semakin Baik

Para pemakai komputer ini meliputi:
          Manajer
          Non-manajer
          Orang-orang dan organisasi-organisasi dalam lingkungan perusahaan
Pengetahuan Manajemen
            Mengerti Komputer Pengetahuan ini mencangkup pengertian mengenai istilah-istilah komputer, pemahaman mengenai keunggulan dan kelemahan komputer kemampuan menggunakan komputer (walau tidak perlu menjadi seorang programer), dan sebagainya.
Mengerti Informasi Meliputi pengertian bagaimana menggunakan informasi pada tiap tahap dari prosedur pemecahan masalah, dimana informasi dapat diperoleh, dan bagaimana membagikan informasi dengan orang lain.

penggunaan informasi dari sudut pandang tingkat manajemen dan area fungsional perusahaan

Perusahaan merupakan organisasi yang didalamnya memiliki tingkatan dan mempunyai tugas/peran khusus yang dijalankan untuk mencapai sebuah target. Pada postingan kali ini, Admin akan berbagi pengetahuan tentang Pengguna Informasi dan Tingkatan Manajemen di dalam perusahaan.


A. Pengguna dan Pelaku Sistem Informasi
Ketika perusahaan-perusahaan menjangkau konsep SIM, mereka mulai mengembangkan berbagai aplikasi yang secara khusus diarahkan untuk mendukung manajemen. Namun, bukan hanya manajemen yang memperoleh manfaat dari penerapan SIM. Nonmanajer dan staf ahli juga menggunakan outputnya. Selain itu juga dimanfaatkan oleh para pemakai yang berada di luar perusahaan, yaitu para pelanggan akan menerima faktur dan laporan transaksinya, para pemegang saham akan menerima cek deviden, dan pemerintah akan menerima laporan pajak. Dengan demikian secara ringkas para pengguna dan pelaku sistem informasi meliputi :
• Manajer
• Non-manajer
• Orang dan unit organisasi yang ada dalam organisasi dan lingkungannya.

 Manajer memang harus memiliki banyak keahlian, tetapi ada 2 (dua) keahlian yang mendasar yaitu:
  1. Keahlian berkomunikasi (lisan maupun tertulis)
  2. Keahlian memecahkan masalah (problem solving).

Dua jenis pengetahuan manajer yang merupakan kunci dalam menggunakan komputer adalah:
  1. Mengerti komputer (keunggulan, kelemahan, serta mampu menggunakan)
  2. Mengerti informasi (bagaimana menggunakan informasi, memperoleh informasi, membagi informasi, dsb).
B. Tingkatan Manajemen di suatu Perusahaan


Adapun penjelasan dari dari gambar diatas, yaitu:

  1. Manajemen Tingkat Atas (Strategic Planning Level)
    seperti direktur dan wakil direktur, sering disebut berada pada tingkat perencanaan strategis (strategic planning level). Istilah ini menunjukkan pengaruh yang ditimbulkan keputusan-keputusan tersebut pada seluruh organisasi pada tahun-tahun yang akan datang.
  2. Manajemen Tingkat Menengah (Manajement Control Level)
    mencakup manajer wilayah, direktur produk, dan kepala devisi, biasa disebut tingkat pengendalian manajemen (manajement control level). Istilah ini menunjukkan tanggung jawab untuk melaksanakan rencana dan memastikan tercapainya tujuan perusahaan.
  3. Manajemen Tingkat Bawah (Operational Control Level)
    mencakup kepala departemen, penyelia (supervisor), dan pemimpin proyek, yang bertanggung jawab menyelesaikan rencana-rencana yang telah ditetapkan oleh para manajer di tingkat yang lebih tinggi. Tingkat terendah ini disebut tingkat pengendalian operasional (operational control level), yaitu tempat berlangsungnya operasi perusahaan.

   Evolusi Sistem Informasi Berbasis Komputer


Fokus awal pada Data (electronic data processing – EDP)
Didukung dengan munculnya punched card dan keydriven bookkeeping machines, dan perusahaan umumnya mengabaikan kebutuhan informasi para manajernya. Aplikasi yang digunakan sistem informasi akuntasi (SIA).


Fokus baru pada Informasi (management information sistem – MIS)
Seiring denga diperkenalkannya generasi baru alat penghitung yang memungkinkan pemrosesannya lebih banyak. Hal tersebut dioerientasikan untuk kosep penggunaan komputer sebagai sistem informasi manajemen (SIM), yang berarti bahwa aplikasi komputer harus diterapkan dengan tujuan utama untuk menghasilkan informasi manajemen.

Fokus Revisi pada Pengambilan Keputusan (Decision support sistem – DSS)
Merupakan hal yang berbeda dengan konsep SIM. DSS adalah sistem penghasil informasi yang ditujukan pada suatu masalah tertentu yang harus dipecahkan serta diambil keputusannya oleh manajer.

Fokus sekarang pada Komunikasi (office automation – AO)
OA memudahkan komunikasi dan meningkatkan produktivitas di antara para manajer dan pekerja kantor melalui penggunaan alat-alat elektronik. OA telah berkembang meliputiberagam aplikasi seperti konferensi jarak jauh (teleconference), voice mail, e-mail (surat elektronik), electronic calendaring, facsimile transmission, dan desktop publishing. Istilah lainnya dalam menggunakan semua aplikasi AO tersebut dinamakan dengan kantor virtual (virtual office).

Fokus potensial pada Konsultasi (artificial intelligence/expert sistem – AI/ES)

Ide dasar AI adalah komputer dapat deprogram untuk melaksanakan sebagian penalaran logis yang sama seperti manusia. Sistem pakar adalah suatu sistem yang berfungsi sebagaiseorang spesialis dalam suatu bidang. Sistem yang menggambarkan segala macam sistem yang menerapkan kecerdasan buatan untuk pemecahan masalah dinamakan dengan sistem berbasis pengetahuan (knowledge-bases sistems) Penjelasan lebih lanjut akan dijumpai pada modul terakhir dari materi kuliah SIM. 

Sumber :

https://www.academia.edu/30796871/KONSEP_MANAJEMEN_INFORMASI
https://garudacyber.co.id/artikel/220-pengertian-dan-contoh-sistem-informasi-manajemen

https://deviwahyuniblog.wordpress.com/2016/09/05/konsep-dasar-sistem-informasi-manajemen-sim/
http://thefreakmine.blogspot.com/2013/01/evolusi-sistem-informasi-berbasis.html



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Manusia Global

·           Menjadi manusia global min 500 kata / 1 lembar Pertemuan itu senyatanya bertujuan untuk membahas permasalahan  brain drai...